Tiga Fungsi Mahasiswa Di Masyarakat

 Senin, 01 Oktober 2018 |   david |   Daerah


MEMPAWAH DISKOMINFO Acara Musda ke- 4 Forum Koordinasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kalimantan Barat dibuka Pj Sekda Sabtu, (29/9) di Wisma Chandramidi Mempawah. Dihadiri pengurus BEM se-Kalbar, Forkopimda Kabupaten Mempawah dan tamu undangan.

Di dalam sambutannya Pj Sekda Ismail mengatakan Mahasiswa memiliki peran komplek dan menyeluruh sehingga dapat dikelompokan dalam 3 fungsi yakni agent of change, social control dan iron stock. “Dengan adanya ketiga fungsi tersebut, mahasiswa diharapkan dapat memberikan ide dan pemikiran cerdas, sehingga mampu merubah paradigma yang berkembang dalam suatu kelompok dengan terarah sesuai kepentingan bersama,” ucap Ismail.

Terkadang sikap kritis dari mahasiswa sering membuat sebuah perubahan besar dan membuat para pemimpin para pemimpin yang tidak berkompeten menjadi gerah dan cemas, dan satu hal yang menjadi kebanggaan mahasiswa yaitu memiliki semangat membara untuk melakukan sebuah perubahan.

Mahasiswa dalam fungsinya sebagai agent of change, hendaknya bukan hanya sekedar menjadi agen perubahan, namun menjadi agen pemberdayaan yang mampu membantu memberdayakan masyarakat.

“Dalam fungsinya sebagai social control adalah untuk mencegah kezaliman. Mahasiswa bukan hanya sebagai pengamat, namun mahasiswa dituntut sebagai pelaku dalam masyarakat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat,” ujar Ismail.

Mahasiswa sebagai iron stok yakni mahasiswa sebagai seorang calon pemimpin bangsa dimasa depan, untuk menggantikan generasi yang telah ada, dan melanjutkan tongkat estafet pembangunan dan perubahan. “Tidak cukup mahasiswa hanya memupuk diri dengan ilmu spesifik saja, perlu adanya soft skill lain yang harus dimiliki mahasiswa, seperti kepemimpinan, kemampuan memposisikan diri, interaksi lintas generasi dan sensitivitas yang tinggi,” pungkasnya. (Dvd)  

FAQ Terbaru

Link External

SEKILAS INFO

Minggu,11 April 2010 Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.   |  Minggu,11 April 2010 WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.   |  Minggu,11 April 2010 Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.   |  Minggu,11 April 2010 Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.   |  Minggu,11 April 2010 Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika   |