Wabup Hadiri Itsbat Nikah Terpadu

 Rabu, 31 Juli 2019 |   admin |   Daerah


Wakil Bupati Mempawah, H. Muhammad Pagi menghadiri pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu di Desa Galang Kecamatan Sungai Pinyuh, Rabu (17/7)

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Pengadilan Agama Drs. H. Mahdi, Kadis Dukcapil Kabupaten Mempawah, Camat Sungai Pinyuh, Kades Galang dan Kepala KUA Kabupaten Mempawah serta 30 pasangan suami istri yang akan melaksanakan Isbat Nikah Terpadu.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi mengatakan, Peserta isbat nikah sebenarnya mereka sudah menikah namun tidak tercatat di Instansi Pemerintah terkait karena sejumlah faktor.

“sebenarnya peserta isbat nikah ini sudah menikah, tapi karena kurangnya pengetahuan dan informasi sehingga peserta isbat nikah ini belum memiliki buku nikah” ujarnya

Lanjutnya ia mengungkapkan bahwa Pemkab telah menganggarkan melalui APBD untuk program isbat nikah, agar masyarakat memiliki buku nikah. Dengan demikian administrasi kependudukan mereka legal dan lebih mudah mengurus keperluan lainnya.

“untuk 2020 insyaallah kami telah memprogramkan isbat nikah ini akan difasilitasi oleh pemerintah daerah secara gratis” ujarnya

Ia menambahkan setelah program tersebut dianggarkan langkah selanjutnya diperlukan adanya pendataan yang akurat ditingkat kecamatan dan desa agar program yang di rencanakan tepat sasaran.

“ target kami, Bupati Erlina dan saya Wakil Bupati selama lima tahun kedepan akan menyelesaikan permasalahan administrasi pernikahan di masyarakat secara bertahap, sehingga seluruh pasangan suami istri memiliki administrasi (buku nikah) nantinya” tegasnya.

 

 

Sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Drs. H. Mahdi menjelaskan Program Isbat Nikah Terpadu ini sesuai amanat dari Surat Keputusan Mahkamah Agung No 15 Tahun 2017.

Ia menambahkan Isbat Nikah ini diperuntukkan tidak hanya bagi pasangan yang nikah dibawah tangan tetapi juga bagi mereka yang sudah menikah namun buku nikahnya hilang, rusak dan lain sebagainya.

“bagi bapak-ibu yang sudah menihkah tapi bukunya hilang atau rusak dapat langsung dating ke kantor pengadilan agama langsung kita adakan isbat nikah” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya Mahdi atas nama pengadilan agama mempawah juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi secara aktif untuk terselenggaranya kegiatan isbat nikah ini. (humas riski)

FAQ Terbaru

Link External

SEKILAS INFO

Minggu,11 April 2010 Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.   |  Minggu,11 April 2010 WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.   |  Minggu,11 April 2010 Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.   |  Minggu,11 April 2010 Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.   |  Minggu,11 April 2010 Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika   |