Smart City dalam Mempawah Expo 2019

 Rabu, 21 Agustus 2019 |   admin |   Kegiatan Daerah


Mempawah, Diskominfo - Pemerintah Kabupaten Mempawah terus berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas dalam pelayanan publik. Berbagai inovasi dan program kerja pun dilaksanakan guna memberikan kepuasan dan kemudahan bagi masyarakat.
Untuk itu, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mempawah menampilkan konsep Smart City dalam Mempawah Expo 2019.
Kepala Diskominfo Kabupaten Mempawah, Rudi, S STP, MA mengatakan, Smart City atau (Kota Pintar) adalah wilayah Kota atau Kabupaten yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari. Dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu, Rudi menjelaskan, konsep program Smart City disesuaikan berdasarkan karakteristik setiap daerah. Kemudian disinergikan dengan target terwujudnya smart economy, smart people, smart government, smart mobility dan smart living.
“Setiap kota atau kabupaten yang tergabung dalam program smart city kriterianya harus berkinerja baik. Memiliki pandangan di bidang ekonomi, penduduk, mobilitas, pemerintahan dan juga lingkungan hidup. Di sisi lain juga mengontrol semua infrastruktur di daerahnya masing-masing,” ucap Rudi.
Sebagai salah satu bentuk contoh dari program smart city dalam upaya pelayanan terpadu dari pemerintah daerah ke masyarakatnya atau smart government, Rudi menyebutkan, adalah fungsi teknologi informasi realisasi e-KTP di Indonesia.
“Program ini juga sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mempawah, yakni Cerdas, Mandiri dan Terdepan,” ucap Rudi.
Rudi menambahkan, peran internet of things (IoT) dalam mewujudkan konsep smart city sangatlah vital. Perangkat IoT mampu mengirim informasi dan melakukan tindak lanjut melalui jaringan dengan campur tangan manusia yang minimal, sehingga mampu melakukan beragam fungsi secara otomatis.
Untuk itu, di Mempawah Expo 2019 ini Diskominfo Mempawah menampilkan 2 penyedia jasa internet (Provider), yaitu dari PT ICON + dan Mangoesky dari Telkomsat.
Mangoesky merupakan layanan broadband internet yang disediakan untuk masyarakat pengguna internet melalui media satelit (VSAT IP). VSAT IP merupakan layanan komunikasi data menggunakan media akses satelit dengan teknologi TDM (time division multiplex)
“Jadi, walaupun di desa yang tidak memiliki jaringan internet dengan menggunakan Mangoesky, maka koneksi internet akan dapat diakses,” jelasnya.
Di Mempawah Expo 2019 ini, Stand Diskominfo juga menyediakan fasilitas Free Wifi (Wifi Gratis) bagi para pengunjung. (Dvd)

FAQ Terbaru

Link External

SEKILAS INFO

Minggu,11 April 2010 Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.   |  Minggu,11 April 2010 WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.   |  Minggu,11 April 2010 Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.   |  Minggu,11 April 2010 Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.   |  Minggu,11 April 2010 Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika   |