PEMKAB MEPAWAH TEKEN MoU DENGAN BIG

 Selasa, 27 Agustus 2019 |   admin |   Daerah


Humas – Mempawah, Pemerintah Kabupaten Mempawah menandatangani perjanjian kerjasama dan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Badan Informasi Geospasial (BIG), pada kegiatan Pencanangan Pengelolaan Data dan Informasi Geospasial Provinsi Kalimantan Barat di Hotel Aston Pontianak yang dihadiri langsung oleh Bupati Mempawah Hj. Erlina, Selasa (27/8)

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Kepala BIG, Forkorpimda Kalbar, dan Bupati/ walikota se Kalimantan Barat, serta para tamu undangan.

Kepala Badan Informasi Geospasial Hasanuddin menyebutkan tujuan dari dilaksanakannya perjanjian kerjasama ini adalah untuk penyelenggaraan, pengembangan, dan pemanfaatan data dan informasi geospasial untuk pembangunan dan pengembangan simpul jaringan informasi geospasial di Kabupaten/Kota se- Kalbar.

“dengan kerjasama ini pemerintah Kabupaten/Kota se- Kalbar akan mendapatkan keuntungan diantaranya, kemudahan dalam mendapatkan data dan informasi geospasial, fasilitas pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan penggunaan data dan informasi geospasial, bimbingan dan pendampingan dalam penyusunan peraturan dan kebijakan terkait pembangunan dan pengembangan simpul jaringan di wilayah Kabupaten.Kota se- Kalbar,” terangnya.

Lebih jauh Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji dalam sambutannya mengatakan untuk memiliki daya saing yang baik serta program/ kebijakan yang efektif dan efisien pemerintah harus memiliki dan menguasai data sebanyak mungkin.

“pemerintah provinsi sudah melaunching portal satu data provinsi Kalimantan barat, sehingga semua orng bisa mengakses untuk kegiatan ekonomi, social dan lain sebagainya. Jadi bagi investor yang mau berinvestasi mereka sudah memiliki data tentang Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang kita miliki,” ucapnya.

Gubernur Kalbar Sutarmidji juga mengharapkan BIG kedepan dapat mengembangkan informasi geospasial tidak hanya yang berada diatas permukaan tanah melainkan yang ada di dalam permukaan tanah, sehingga kita tahu berpa banyak kekayaan alam yang dimilik suatu daerah.

“apabila kita mengetahui kekayaan alam yang kita miliki, maka kita bisa melakukan pengendalian terhadap pengelolaan kekayaan alam untuk cadangan kedepan,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Gubernur mengajak seluruh Bupati dan Walikota se-kalbar untuk saling bersinergi atas keakuratan sebuah data seperti kebijakan Presiden RI tentang Satu Data. Sehingga kekayaan sumber daya yang Kabupaten/Kota miliki terdata di BIG.

 

Bupati Mempawah Erlina setelah penandatanganan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah berlangsung. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah kabupaten Mempawah untuk menjadikan Kabupaten Mempawah menjadi Smart City.

“kegiatan ini sangat penting dan baik, karena sangat sejalan dengan upaya yang sedang kita lakukan saat ini untuk mengintergrasikan semua data yang ada di kabupaten mempawah. Seperti tujuan kami untuk menjadikan Kabupaten Mempawah menjadi smart city kedepanya,” tukasnya. (humas riski)

FAQ Terbaru

Link External

SEKILAS INFO

Minggu,11 April 2010 Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.   |  Minggu,11 April 2010 WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.   |  Minggu,11 April 2010 Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.   |  Minggu,11 April 2010 Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.   |  Minggu,11 April 2010 Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika   |