Mempawah, PPID -  Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi  menghadiri pelantikan dan mengambil sumpah janji sebanyak 66 Kepala Sekolah SD dan SMP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah, Kamis (18/2/2021) di Aula Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah.

Proses pengangkatan Kepala Sekolah kali ini, kata Wabup merupakan pengangkatan yang kedua kalinya dengan menggunakan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018, tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah.

“Sejalan dengan motto Kabupaten Mempawah, yaitu “Maju Dengan Ilmu”, pendidikan merupakan salah satu program prioritas dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Meski masih banyak yang perlu ditingkatkan, pelayanan publik di bidang pendidikan sudah menunjukan hasil yang positif,” ungkap Wabup.

Namun, imbau wabup, ada beberapa indikator yang perlu mendapat perhatian, yaitu Angka Partisipasi Kasar (APK) pada semua jenjang pendidikan, Angka Partisipasi Murni (APM) Pada semua jenjang pendidikan cenderung menurun. Angka Putus Sekolah (APS) cenderung juga menurun.

Ketiga indikator diatas menurutnya berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Mempawah. Dimana saat ini masih berada pada tingkat yang rendah, dibanding Kabupaten/Kota lainnya.

“Untuk itu perlu kerja keras kita bersama dalam meningkatkan IPM di Kabupaten Mempawah. Dengan kualitas pendidikan merupakan salah satu upaya kita menaikan IPM. Sehingga sudah menjadi tugas dan tanggungjawab bersama, terutama seluruh jajaran Dinas Pendidikan, Olahraga, dan Pariwisata termasuk para kepala sekolah,” ujar Wabup.

Dalam kesempatan itu juga, Wabup berharap kepada para kepala sekolah, agar dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagi guru dan siswa. Menciptakan inovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya.

Selain itu, juga dapat memberikan dorongan dan arahan kepada guru, siswa, maupun tenaga kependidikan untuk berprestasi lebih baik.

“Juga memperhatikan kinerja para guru di lingkungan sekolah masing-masing, serta ketaatan terhadap ketentuan yang mengatur kepegawaian. Termasuk disiplin jam mengajar, maupun pengelolaan dokumen-dokumen terkait pengajaran,” imbau Wabup.

Adapun rincian kepala sekolah yang dilantik, yaitu sebanyak 9 kepala sekolah SMP, dan 57 kepala sekolah SD. Mereka adalah guru yang mendapat tugas tambahan, serta guru yang dimutasi, dan mendapat perpanjangan tugas sebagai kepala sekolah.